Toyota All New Sienta Produksi Karawang Resmi di Luncurkan

Toyota All New Sienta Produksi Karawang Indonesia
25 July 2016 PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Resmi meluncurkan Toyota Sienta dari pabrik Toyota Karawang 2

Untuk memproduksi Toyota Sienta di Indonesia, Toyota menanamkan investasi sebesar 2,5 triliun rupiah (sekitar US$ 186 juta). Pada tahap awal, Toyota menargetkan volume produksi sebesar 4.000 unit per bulan.

Model ini menjadi produk kendaraan utuh keenam yang diproduksi secara lokal oleh TMMIN setelah Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Vios dan Yaris serta dua jenis mesin bertipe TR-K dan R-NR.

“Kami berharap bahwa dengan semakin banyaknya model yang diproduksi secara lokal, maka akan memberikan sumbangsih terhadap perkembangan industri otomotif serta ekonomi Indonesia melalui alih teknologi produksi (production know-how), pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), keterlibatan pemasok lokal, dan penanaman investasi,” kata Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami.

Indonesia merupakan negara pertama setelah Jepang yang memproduksi Sienta. Model ini dibuat di pabrik Karawang Plant 2 milik TMMIN bersama-sama dengan model Etios Valco, Vios, Limo, dan Yaris. Pabrik Karawang Plant 2 ini dilengkapi dengan teknologi manufaktur terkini seperti Servo Line di bagian pengepresan dan Piano Welding di bagian pengelasan yang mendukung peningkatan presisi, keamanan, dan efisiensi dalam proses produksi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas global.

Sienta akan dibekali dengan mesin bertipe R-NR yang juga merupakan produk lokal buatan pabrik TMMIN Karawang 3. Pabrik mesin ini diresmikan pada kuartal pertama tahun 2016 dan merupakan pabrik mesin Toyota pertama di dunia yang mengimplementasikan proses produksi mesin berada dalam satu atap dengan konsep Through Line.

Sienta juga direncanakan akan diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara mulai akhir tahun ini. Untuk sebuah produk baru, kedalaman rasio kandungan lokal Sienta yang langsung mencapai 80%.