TAM Resmi Luncurkan Toyota Sienta di IIMS 2016

Peluncuran Toyota Sienta IIMS 2016 di Jakarta
Setelah ramai di perbincangkan di berbagai media akhirnya Toyota Sienta resmi di luncurkan Kamis 7 April 2016 di IIMS 2016, Sepanjang pelaksanaan IIMS 2016 (7—17 April 2016), PT Toyota-Astra Motor (TAM) menampilkan 16 unit produk display yang berhasil menjadi pilihan terbaik di berbagai segmen otomotif nasional pada area booth seluas 1.475 m2. Yang paling istimewa, Toyota menampilkan secara perdana satu produk terbaru yaitu Toyota Sienta.

Toyota Sienta sebagai produk Multi Activity Vehicle (MAV) didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya, yang tidak hanya fungsional tapi juga memiliki desain yang modern dan dinamis. Selain itu, Toyota Sienta juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi seperti power sliding door, dive-in seat, serta transmisi CVT.

“Sienta hadir untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia akan sebuah kendaraan Multi Activity Vehicle yang semakin memperlengkap line-up kendaraan di Indonesia. Diperkenalkan pertama kali di Jepang, kini Sienta akan diproduksi di Karawang dengan tingkat kandungan lokal yang tinggi. Yang lebih membanggakan, Indonesia menjadi negara pertama di luar Jepang, yang memproduksi Toyota Sienta,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto.

Toyota Sienta yang diproduksi di Indonesia dibuat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pasar di tanah air. Meski memiliki kapasitas 7 penumpang,  kendaraan ini memiliki gaya yang berbeda dari MPV pada umumnya.

Sienta  juga menawarkan life style yang unik serta teknologi tinggi sehingga cocok untuk kebutuhan market di Indonesia yang semakin berkembang.  Selain eksteriornya yang lebih stylish dan modern, Sienta merupakan mobil dengan performa yang baik dan mampu memberikan kenyamanan berkendara.

“Sienta adalah yang terbaik di kelasnya dalam hal  noise, vibration, ride comfort, handling stability, dan brake performance untuk di kelasnya. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi CVT 7 speed transmission yang juga pertama di kelasnya. Dilengkapi power sliding door dan dive-in seat, Sienta menawarkan desain yang stylish dan kenyamanan berkelas bagi penggunanya,” tuturnya.


Sienta yang hadir dalam 4 grade yaitu  E, G, V, dan Q akan menyandang mesin teknologi baru NR Engine yang juga merupakan generasi terbaru engine modern yang dibuat oleh anak bangsa.

NR Engine menggunakan bahan alloy  sebagai salah satu material utamanya, yang membuat mesin ini menjadi sangat ringan. Selain itu, NR Engine pada Toyota Sienta juga dibekali teknologi Dual VVT-i yang canggih, membuat mesinnya memiliki kombinasi yang apik antara tenaga dan efisiensi, serta ramah lingkungan.

Engine Sienta diproduksi secara lokal di Indonesia di TMMIN Karawang Plant 3 yang baru diresmikan pada 7 Maret 2016. Pabrik ini merupakan salah satu pabrik engine paling canggih milik Toyota di dunia.

Toyota Sienta dikembangkan sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Beberapa spesifikasi pun disesuaikan dengan kondisi geografis di Indonesia. Salah satunya, ground clearance yang dibuat lebih tinggi menjadi 170mm atau 25mm lebih tinggi dari ground clearance Toyota Sienta di Jepang.

“Kami berterimakasih karena principal  telah memberikan kepercayaan kepada Toyota Indonesia untuk memproduksi dan mengembangkan pasar baru untuk MAV Sienta ini. Kehadiran Sienta diharapkan mampu menorehkan kinerja yang baik bagi Toyota, sekaligus memberikan angin segar bagi pengembangan industri dan pasar otomotif nasional,” ucapnya.

Untuk mempertegas karakter All New Sienta sebagai kendaraan Multi Activity Vehicle, Toyota menggandeng dua sosok ambassador yang memiliki aktivitas padat namun tetap mengedepankan karakter stylish dan modern; yaitu Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan.

Pasangan selebriti ini memiliki kesibukan masing-masing sebagai aktor dan aktris yang kemudian menjadi artis ternama di dunia perfilman Indonesia. Atiqah yang memulai debutnya di film Berbagi Suami (2006) juga dikenal memiliki kesibukan sebagai model iklan yang turut menjulangkan namanya.

Sama halnya dengan Atiqah, Rio pun terjun ke dunia film melalui film Pintu Terlarang (2009) yang mempertemukannya dengan Atiqah. Kesibukan Rio semakin padat seiring dengan kemampuan aktingnya yang meningkat. Bahkan pada tahun 2015, Rio telah membintangi 7 film.

Aktivitas Rio dan Atiqah yang begitu padat menuntut akan kendaraan yang nyaman untuk menunjang mobilitas, sehingga membutuhkan sebuah kendaraan yang tidak hanya stylish tapi juga dapat mendukung aktivitas mereka sebagai public figure, yang sesuai dengan karakter All New Sienta.