Toyota Gelontorkan 9 Miliar Untuk Revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung

Toyota Gelontorkan 9 Miliar Untuk Revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung
Toyota Gelontorkan 9 Miliar Untuk Revitalisasi Taman Lalu Lintas Bandung
Astra-Toyota.com PT. Toyota-Astra Motor berkerjasama dengan Pemkot Bantung akan merevitalisasi taman lalu lintas pertama di Indonesia ini loh. Berikut suasana Groundbreaking Ceremony simbolis yang dibuka oleh Bpk. Henry Tanoto (Vice President Director TAM), Bpk. Ridwan Kamil (Walikota Bandung), dan Bpk. Yunazwin Nazaruddin (Ketua Pembina Yayasan Taman Lalu Lintas Bandung).

Setelah upacara simbolis, ada acara berkeliling Taman Lalu Lintas Bandung dengan kereta wisata bersama tamu undangan jg loh. Seru kan? Mari share dan dukung upaya pelestarian lingkungan dan pendidikan berlalu-lintas dari Toyota ini!

Sekedar diketahui Taman lalu lintas yang menjadi ikon salah satu Kota Bandung, Jawa Barat, direvitalisasi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), senilai Rp9 miliar, guna mendukung kebutuhan pendidikan berlalulintas sejak usia dini, di samping tempat rekreasi masyarakat Bandung dan sekitarnya. 

"Taman ini cocok sekali dengan pilar program CSR Toyota yang bersandar pada lingkungan, pendidikan, keselamatan berkendaraaan, dan pengembangan masyarakat," kata Wakil Presdir TAM Henry Tanoto, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, pada peletakan batu pertama revitalisasi taman yang berdiri sejak 1 Maret 1958 itu.

Dalam acara yang dihadiri Wali Kota Bandung Bapak Ridwan Kamil itu, ia menjelaskan ketertarikan TAM melakukan revitalisasi satu-satunya taman lalu lintas di Indonesia itu juga terkait sejarah taman tersebut, manfaat taman, serta kepedulian Pemerintah Kota Bandung pada konservasi lingkungan.

"Bandung merupakan salah satu kota besar yang peduli pada konservasi lingkungan. Ada 300 taman di kota ini," ujar Henry.

Toyota Aastra Motor, lanjut dia, bersama para dealer menyisihkan dana keuntungan penjualan mobil untuk konservasi lingkungan melalui Toyota Car for Tree sejak 2010. Selain Taman Lalu Lintas Bandung, sebelumnya TAM juga merevitalisasi Taman Semanggi dan Ecopark di Jakarta.

"Kegiatan ini akan kami perluas ke kota-kota lainnya di luar Jawa," kata Henry.

Dalam revitalisasi taman lalu lintas yang berusia hampir 58 tahun ini, TAM merancang dan mendesain sendiri dengan persetujuan Pemkot Bandung. Taman akan dikembangkan menjadi tiga zona yaitu zona pegunungan, zona perkotaan, dan zona air, sehingga cocok untuk rekreasi keluarga di samping sarana edukasi berlalulintas untuk anak sejak dini.

TAM juga akan menambah fasilitas seperti jogging track, taman bermain anak, dan area piknik keluarga, selain pembenahan infrastruktur termasuk shuttle bus, mushola, dan sarana kuliner.

Sementara itu Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Taman Lalu Lintas menjadi inspirasinya dalam mengembangkan taman-taman tematik di Kota Kembang tersebut, seperti Taman Musik, Taman Jomlo, dan lain-lain.

"Taman ini sangat lekat di hati saya," kata lulusan ITB angkatan 1990 itu. Ridwan Kamil memperkirakan dalam 6-9 bulan akan terlihat perubahan signifikan di Taman Lalu Lintas tersebut, yang diperkirakan bakal menjadi salah satu daya tarik turis ke Bandung yang tahun lalu mencapai 5-6 juta orang.

Dengan kehadiran Taman Lalu Lintas yang ada di kota Bandung ini. semoga bisa memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk lebih mengetahui tentang berbagai macam informasi lalu lintas.