Toyota Akuisisi Daihatsu Semuanya

Toyota Indonesia
Astra-Toyota.com (TMC )Toyota Motor Corporation selaku produsen mobil terbesar di dunia mengumumkan secara resmi akan mengambil alih Daihatsu Motor Company (DMC) secara penuh. kemungkinan Daihatsu akan mulai diakuisisi mulai 1 Agustus 2016 nanti.

Saat ini, Toyota sendiri sudah memiliki saham sebesar 51,2 persen dari Daihatsu. Untuk membayar sisanya, TMC sudah menyiapkan dana sebesar USD 3,1 milliar atau sekitar Rp 41 trilliun.

Hal ini akan menjadi kesempatan bagi Toyota dan Daihatsu untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan ke depan yang menjadi lebih baik kata Presiden TMC Akio Toyoda.

"Dengan ini nantinya kami akan bisa saling mengambil keuntungan dari kekuatan disektornya masing-masing. Dengan kata lain, kami akan fokus pada kompetisi inti dan ini merupakan kunci untuk mencapai dan mempertahankan daya saing global," katanya.

Walaupun memegang kendali penuh tetapi Toyota tetap mempertahankan Daihatsu untuk mengisi segmen yang berbeda. Nantinya, Daihatsu akan lebih difokuskan pada segmen bisnis kendaraan kecil, seperti, city car, hatchback, dan kei car yang juga termasuk mobil bermesin irit.

Dari sumber internal Toyota Indonesia mengatakan, kerja sama antara Toyota dan Daihatsu akan semakin erat dengan langkah akuisisi ini. Alih teknologi antara kedua merek juga bisa berjalan bersama, sesuai tujuan perusahaan yang akan lebih besar.

Spekulasinya, dengan akuisisi ini, membuka langkah pergeseran pimpinan di antara perusahaan Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Selain itu, model-model kolaborasi semacam, Avanza-Xenia, Terios-Rush, dan Agya-Ayla, bisa semakin banyak dipasarkan nantinya di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dengan di Akuisisinya Daihatsu Semuanya akan lebih meningkatkan produksi Toyota di Indonesia.