Asuransi Astra kembali Meraih Top Brand Award 2016

Asuransi Astra kembali Meraih Top Brand Award 2016
Asuransi Astra kembali Meraih Top Brand Award 2016
Astra-Toyota.com menyambut tahun 2016, Asuransi Astra mendapatkan penghargaan Top Brand Award 2016 untuk kategori Car Insurance. Ini adalah kali kesepuluh secara berturut-turut Asuransi Astra menerima penghargaan yang digagas oleh Frontier Consulting dan Majalah Marketing.

Penghargaan ini diberikan kepada lebih dari 100 merek di Indonesia yang berhasil meraih tiga parameter merek, yaitu Top of Mind Share, Top of Market Share, dan Top of Commitment Share. Untuk menentukan para peraih penghargaan, Frontier melakukan survei yang terdiri dari dua jenis panel. Panel pertama adalah survei dengan target responden B2C dan panel kedua dengan target responden B2B. Survei responden B2C melibatkan 9.900 sampel random dan 2.500 sampel booster. Survei ini dilakukan di 15 kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Makassar, Denpasar, dan Manado. Sementara, survei responden B2B melibatkan 1.600 perusahaan yang berada di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan.

Kriteria responden B2C untuk sampel random adalah pria atau wanita yang berusia antara 15-65 tahun dengan tingkat SES atau pengeluaran rata-rata keluarga per bulan antara SES D (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp1.250.000 per bulan) hingga SES A (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp4 juta per bulan). Sementara, kriteria responden B2C untuk sampel booster adalah responden yang berasal dari tingkat SES A. Survei dilakukan melalui face to face personal interview dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Sedangkan pengambilan sampel responden B2B memakai metode stratified random sampling, dengan menggunakan business line sebagai strata. Responden B2B yang diwawancara adalah bagian yang bertanggung jawab dalam pembelian barang/produk di tiap-tiap perusahaan, memiliki pendidikan terakhir setingkat akademi/diploma, dan memiliki jumlah karyawan lebih dari 50 orang dalam satu perusahaan. Dari Survei tersebut, Garda Oto menempati posisi puncak dengan mendapatkan Top Brand Index sebesar 35,6% atau lebih besar 22% dari tahun sebelumnya

Seusai menerima penghargaan, Chief Marketing Officer – Retail & Health Business Asuransi Astra Gunawan Santoso Salim mengungkapkan rasa syukurnya. “Penghargaan ini menjadi buah dari kerja keras yang terus kami lakukan, dan juga bukti kepercayaan para konsumen terhadap kami. Ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus berusaha memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di tahun yang baru ini,” ungkapnya