Test Drive Toyota All New Toyota Kijang Innova di Bali


Sangat susah rasanya tidak romantis dengan alam Bali. Apalagi, kami bertandang bersama All-new Innova, yang sejatinya juga memiliki sejarah panjang dan tempat terbaik di hati pecintanya.

Dengan perubahan wujud dan karakter Innova, terekam apik di atas lukisan kertas di sebuah museum sang maestro Don Antonio Blanco, Ubud, Bali.

Ketika diajak ke sana, satu-satunya pewaris darah seni Antonio Balanco, Mario Blanco mengajarkan kami bagaimana memahami karakter dan bahasa desain Innova terbaru, dan kemudian menerjemahkannya seirama pesona Bali.

Dengan tamppilan indah di beberapa sisi, garis tegas dan memiliki karakter kuat dibanding model terdahulu, seperti pemandangan hamparan sawah Ubud yang kokoh di antara para wisatawan Asing.

Selamay tiga hari dua malam, kami bersama 42 jurnalis Nasional ditantang PT Toyota Astra Motor (TAM), membuktikan langsung ketangguhan dan teknologi terbaru all-new Innova.

Pesona pemandangan Bali yang kaya dengan ragam rute dan karakter jalan, jadi tempat pilihan Toyota menanti respon kami selama masa uji coba.

Test Drive Mulus di Jalan Lurus


Sejauh 64 kilometer, jalan menanjak dan menikung tajam menyambut kami sejak pertama kali menginjakan kaki di tanah Dewata. Panorama pegunungan di danau Bedugul, berselimutkan awan tebal menjadi saksi, bahwa all-new Innova yang diklaim tak lagi sekedar mobil multi-purpose, tapi telah bertransformasi ke level multi-performance.

Dengan mencoba pada mesin berkode 1TR-FE berkapasitas 1.998 cc. Dengan penyempurnaan teknologi dual VVT-i, output power sebesar 137 Hp dan torsi 182 Nm, diatas kertas seharusnya cukup andal melahap semua rute.

Dengan menumpang tipe Q dengan transmisi otomatis 6-percepatan, jalan lurus dan padat masih gampang ditaklukan. Namun, saat dapurpacu.com mengajak memanjat di jalur tanjakan, tenaga berangsur merambat.

Kepercayaan diri kami seketika berkurang, apalagi berniat menyalip kendaraan di depan. Bahkan, mode berkendara diaktifkan ke pilihan ‘Power Mode’, tidak ada yang signifikan membantu kami.

“Power mode memang bukan menjadikan Innova yang tadinya tenaga sebesar 137 Hp melonjak ke 138 Hp atau lebih. Power mode lebih berfungsi memanajemen perpindahan gigi pada waktu yang tepat, agar tenaga tetap optimal,” jelas Iwan Abdurrahman, Technical Service Division TAM.

Bisa dibilang tenaganya tidak lebih baik dari model Innova bensin lama. Mungkin, ini karena bobot Innova terbaru lebih berat 200 kg, dan diisi 5 penumpang.

Lain cerita mesin diesel, dari pengakuan teman jurnalis lainnya, tenaga diesel cukup membanggakan. dan cukup tenang.

Kabin All New Innova Menenangkan Sampai Baris Kedua

Dengan penambahan bobot bodi, dibarengi dengan perubahan dimensi, yang kini lebih panjang 15cm, tambah lebar 5,5cm dan semakin tinggi 4,5cm, sehingga kabin terasa lega sampai baris kedua.

Jok model captain seat juga memanjakan penumpang baris kedua sepanjang perjalanan. Desain interior modern, senyap, kompartemen lengkap dan fitur lainnya, menambah kesan sedang menaiki mobil mewah.