Toyota i-Road Mobil Listrik Masa Depan Atasi Kemacetan


Selain memamerkan model-model mobil baru, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Toyota menampilkan kendaraan inovasi masa depan, i-Road.

Dalam ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2015, Toyota memamerkan i-Road sebagai kendaraan personal dan energi listrik.

Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan, Toyota Mirai dan Toyota i-Road merupakan special exhibit yang sengaja ditunjukkan untuk memberikan informasi teknologi ramah lingkungan kepada konsumen.

"i-Road dan Mirai sengaja ditampilkan pada pameran untuk membuktikan Toyota memikirkan produk efisien yang ramah lingkungan. Mirai dan i-Road sejalan dengan tema 'beyond technology' karena mengarah pada sesuatu yang melebihi ekspektasi konsumen," ujar Rahmat Samulo di Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (21/8),

Toyota i-Road, dibuat dengan konsep urban mobility. Di mana tunggangan roda tiga ini menawarkan kombinasi kelebihan-kelebihan yang dimiliki mobil dan sepeda motor. 

Mengendarai i-Road pengguna diibaratkan seperti sedang bermain ski es. Semakin sering menggunakannya, i-Road akan terasa semakin menyenangkan.

Kedua ban depannya dapat bergerak ke atas dan bawah secara independen dengan sinkron. i-Road juga akan menentukan sudut kemiringan optimal saat menikung. 

Memiliki lebar bodi yang hanya 870 mm, i-Road dapat dengan mudah mendapatkan tempat parkir. Menggunakan i-Road Anda juga tidak perlu khawatir akan terguyur hujan dan tidak perlu menggunakan helm saat mengendarai.

Toyota i-Road merupakan kendaraan berpenggerak motor listrik, sehingga sama sekali tidak menghasilkan emisi gas buang (zero CO2 emission). Menggunakan baterai lithium-ion, i-Road dapat digunakan sejauh 50 km dan kecepatan konstan 30 km/jam.

Rahmat Samulo menjelaskan i-Road sudah diujicoba di Tokyo, Toyota City, dan Grenoble, Perancis.

"i-Road belum digunakan secara resmi, tapi sudah diujicoba untuk mendapatkan masukan pengembangan produk. Jadi belum dipasarkan," kata Rahmat Samulo.

i-Road hadir dengan lebar 870mm dan panjang 2.345mm, rasio 4:1 dengan mobil pada umumnya sehingga mampu bergerak lincah, dinamis, dan sesuai dengan kondisi lalulintas yang padat. 

i-Road memiliki tiga roda, dua roda berada didepan dengan fitur active lean tech yang bisa memiringkan kendaraan sesuai sudut putaran setir dan kemiringan belokan.

Kendaraan kompak satu penumpang ini menggunakan penggerak mesin listrik berbaterai lithium ion yang mampu menempuh jarak 50kilometer dalam satu kali pengisian bahan bakar.

"Ini kendaraan bagus, kendaraan personal yang menggunakan mesin listrik yang tidak menghasilkan emisi gas buang, dipastikan ramah lingkungan," kata Rahmat Samulo