Peluncuran Grand New Avanza dan Grand New Veloz


Setelah ramai dibicarakan PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz di Ballroom Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Low MPV ini menawarkan desain yang makin agresif dan mesin baru yang mumpuni.

Toyota Grand New Avanza hadir dalam desain yang agresive dan luxury sedangkan Grand New Veloz hadir dengan desian agresive sporty. Noise vibration lebih baik, safety juga kita tingkatkan semua varian sudah dual airbag dan baris ketiga juga sudah ada seat belt,” ujar Wakil Presiden Direktur TAM, Suparno Djasmin saat peluncuran.

Total terdapat sembilan varian Avanza dan Veloz yang dipekenalkan. Kedua model ditawarkan dengan dua mesin baru dengan teknologi dual VVT-i, berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. “Mesin NR Series Dual VVT-i ini perfomanya lebih meningkat, lebih irit bahan bakar sehingga ramah lingkunngan,” kata Suparno Djasmin yang biasa disapa Abong.

Sementara Chief Engineer Grand New Avanza dan Grand New Veloz Kazuhiko Yamashita menjelaskan, rancangan terbaru ini bertujuan meningkatkan penampilan Avanza dengan desian yang mampu memenuhi harapan pelanggan, bahkan lebih.

Mengenai harga terdapat peningkatan, “penetapan harga sangat dipengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dolar, kemudian dari faktor peningkaran spesifikasi dari yang sebelumnya, jadi ada kenaikan harga Rp 10 – 14 Juta,” ucap Direktur Pemasaran, Rahmat Samulo.

Di tengah persaingan yang semakin ketat di segmen low MPV, PT Toyota Astra Motor melakukan penyegaran pada produk andalannya dengan melakukan penyegaran pada produk andalannya dengan meluncurkan total 11 line up terbaru Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Penampilan yang lebih kokoh dan menawan dalam konsep disain terbaru Toyota serta didukung teknologi mesin dual VVT-i serta fitur keamanan terlengkap dikelasnya, Grand New Avanza dan Grand New Veloz menjanjikan kepuasan jauh lebih baik kepada pelanggan.

“Kami optimis Grand New Avanza dan Grand New Veloz  akan membawa pelanggan ke tingkat kepuasan yang lebih baik,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Suparno Djasmin, saat peluncuran Grand New Avanza dan Grand New Veloz, di Jakarta.

Sejak kehadirannya pada 2004, Toyota Avanza berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia sehingga menjadi tulang punggung pertumbuhan pasar segmen low MPV. Dalam waktu kurang dari 10 tahun, tepatnya pada Maret 2013, angka penjualan Avanza berhasil menempuh angka 1 juta unit, rekor penjualan yang sulit untuk dipecahkan. Kehadiran varian Veloz bagi pelanggan yang berselera sporty sejak 2011 semakin memperkuat posisi Toyota Avanza sehingga total penjualan Avanza saat ini sudah di atas 1,3 juta unit.

Dalam 12 tahun kehadirannya, Avanza mampu bertahan sebagai market leader. Pada semester I 2015 lalu, total penjualan Avanza mencapai 63.053 unit dengan pangsa pasar 45,4%, lebih baik dibandingkan market share periode yang sama pada 2014 di posisi 41%.

Yang menarik, di tengah fluktuasi pasar segmen low MPV sepanjang semester I, tren penjualan Avanza dan Veloz tetap tumbuh. Setidaknya ini memberikan gambaran bahwa tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi terhadap Avanza dan Veloz berhasil dengan baik dan dapat menunjang angka penjualan, di tengah kian banyaknya model dan pendatang baru di segmen low MPV.

“Di tengah persaingan yang semakin ketat, diharapkan kehadiran Grand New Avanza dan Grand New Veloz dapat memenuhi ekspektasi pelanggan terhadap MPV yang sesuai dengan kondisi infrastruktur Indonesia,” kata Suparno Djasmin.

Chief Engineer Grand New Avanza dan Grand New Veloz Kazuhiko Yamashita menjelaskan, pelanggan menginginkan penampilan mobil MPV yang lebih kokoh, canggih (sophisticated) dan sporty yang menjadi kata kunci disain terbaru Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

“Rancangan terbaru ini bertujuan untuk meningkatkan penampilan Avanza dengan disain yang mampu memenuhi harapan pelanggan, bahkan lebih,” kata Yamashita.

Untuk meningkatkan kinerja, Grand New Avanza dan Grand New Veloz menggunakan mesin dengan teknologi dual VVT-i  dengan kapasitas 1.300 cc dan 1.500. Tidak hanya itu, Grand New Veloz juga hadir dengan line up baru dengan kapasitas 1.300cc.

Interior Grand New Avanza dan Grand New Veloz dibuat dalam konsep lebih gaya namun tetap praktis agar tidak meninggalkan aspek fungsionalnya. Paduan warna abu-abu gelap dan oak pada Grand New Avanza mampu menimbulkan nuansa yang lebih berkualitas, sementara abu-abu gelap pada Grand New Veloz memberikan kesan sporty yang lebih kuat.

Interior dilengkapi, spido-meter lebih besar, mudah dibaca serta menampilkan eco driving indicator. Untuk memberikan kenyaman yang lebih kepada penumpang, bangku ketiga kini terpisah 50:50 agar lebih fleksibel untuk memberi ruang gerak lebih luas.

Peningkatan aspek kenyamanan dan keamanan antara lain memperbaiki kualitas suspensi dalam menahan getaran dan memperkuat rangka lantai agar tingkat kebisingan, handling dan stablitas Grand New Avanza dan Grand New Veloz menjadi lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Tidak hanya itu, Grand New Avanza dan Grand New Veloz juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih baik, diantaranya 3 point seatbelt, headrest yang terpisah untuk penumpang tengah di baris kedua, warning seatbelt untuk penumpang, power window dengan jam protection, ABS di semua grade, side impact beam, ISOFIX dan top tether anchor, serta wireless key dengan immobilizer.

“Secara keseluruhan, product value dari Grand New Avanza dan Grand New Veloz jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kami optimis, pelanggan akan merasa lebih puasdengan kehadiran mobil ini,” tutup Hiroyuki Fukui, President Director PT Toyota-Astra Motor.