Pajak Sedan Turun, Banyak Yang Antre Beli Sedan

Toyota Vios
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengaku tengah mendesak pemerintah untuk menurunkan PPnBM sedan diturunkan dari 30 persen ke 10 persen. Usaha Gaikindo pun mendapatkan dukungan dari produsen mobil, Salah satunya PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Direktur Pemasaran PT TAM Rahmat Samulo membeberkan, meski sedan Toyota seperti Vios dan Limo sudah diproduksi di Indonesia mulai tahun lalu. Pihaknya tetap mendukung langkah yang diambil oleh Gaikindo.

“Bagi kami intinya kalau hal itu secara resmi dari Gaikindo, kami akan mendukungnya karena kami juga bagian dari Gaikindo,” kata Samulo saat dihubungi detikOto, Selasa (3/2/2015).

Menurut Samulo, Toyota juga masih memiliki sedan yang diimpor. Jadi jika pemerintah menyetujui langkah yang diajukan Gaikindo, maka dampaknya juga akan sangat baik. Segmen mobil sedan di pasar otomotif nasional akan semakin besar.

“Kalau pajak diturunkan, otomatis harganya juga akan ikut turun. Dari situ daya beli masyarakat pada mobil sedan akan tinggi,” ucapnya.