Daftar Mobil Laris Selama Tahun 2014 | Avanza Masih Tetap No 1


Toyota Avanza masih menjadi mobil paling laris manis selama tahun 2014, di tengah persaingan mobil MPV dengan merek lain, dengan penjualan 162.070 unit. disusul dengan toyota agya di urutan ke dua dengan penjualan 67.074 unit, kijang innova di urutan ke 5 dengan 56.157 unit.

Mobil Low Cost and Green Car (LCGC) menjadi penyelemat industri otomotif Indonesia. Dan kabarnya, untuk memperkokoh mobil LCGC, Toyota akan merilis Agya dengan kapasitas 7 penumpang. Benarkah?

"Kemungkinan 7 penumpang itu mungkin saja, terima kasih lho atas sarannya nanti coba kita lihat," ujar Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor Suparno Djasmin sambil tertawa renyah di Jakarta.

Dirinya juga menambahkan, mobil murah 7 penumpang itu mungkin saja mengingat di Indonesia mobil MPV alias 7 penumpang sagat digemari.

"Karena 40 persen (paling laku) di Indonesia dikuasai segmen mobil MPV. Dan dari 40 persen tersebut MPV low menguasai 32 persen. Jadi memang benar Indonesia ini suka berpergian secara bersama-sama," katanya.

Namun menurut dirinya mobil kecil juga tidak bisa dipandang remeh, karena tidak menutup kemungkinan mobil mungil juga akan menjadi primadona di Indonesia.

"Tapi nantikan masyarakat modern lebih banyak, mobil kompak akan tumbuh. Jangn lupa sekarang mobil kompak sudah mencapai 20 persen, dan LCGC sendiri mengusai 13 persen sisanya Kompak menengah dan premium (Etios dan Yaris)," ucapnya.

"Coba kamu lihat sekarang jalanan makin macet, perumahan semakin kecil, begitu juga dengan apartmen yang semakin kecil, dan kalau kamu ke mal parkiran sudah semakin sempit. Dan saat menggunakan mobil besar membuka pintu saja sulit, inilah yang membuat masyarakat modern akan lebih menyukai mobil kompak," tambahnya.

Lalu kapan akan melahirkan mobil LCGC 7 penumpang Toyota? "Nanti dulu ya, cek kalender dulu," jawab Suparno Djasmin sambil melemparkan senyum.

Agya di tahun 2014 lalu menjadi mobil terlaris kedua di Indonesia setelah Toyota Avanza.