Alasan Mengapa Harga Toyota Naik Tahun 2015


8 January 2015

PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku distributor resmi mobil Toyota di Indonesia, menyatakan jika pihaknya secara resmi telah menaikkan harga-harga mobilnya per 1 Januari 2015.

Menurut Direktur Marketing PT TAM, Rahmat Samulo, kenaikan harga yang meliputi beberapa model itu ditempuh karena beberapa faktor. Di antaranya penyesuaian cost karena inflasi, dan nilai tukar rupiah (exchange rate).

"Kami lakukan kenaikan secara bertahap. Tetapi kita tetap mempertimbangkan daya beli konsumen, sehingga kalaupun ada kenaikan sifatnya bertahap," ujar Samulo kepada VIVAnews.

Faktor lain yang membuat pihaknya menaikkan harga produknya ialah penyesuaian biaya pendaftaran Bea Balik Nama (BBN) di masing-masing pemerintah daerah.
Meski jor-joran menjabarkan alasan mengapa Toyota menaikkan harga mobilnya, namun perusahaan yang berpusat di Jepang itu enggan membeberkan secara detil mobil apa saja yang mengalami kenaikan harga.

Namun, berdasarkan keterangannya, salah satu mobil yang mengalami kenaikan harga berasal dari segmen Low Cost and Green Car (LCGC) andalannya, Agya.

Sementara itu, terkait penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang ditempuh Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla, Samulo mengaku sumringah dengan kebijakan tersebut.

"Kebijakan BBM dari pemerintah akan berdampak positif terhadap ekonomi nasional secara keseluruhan. Dengan ekonomi yang lebih baik, tentunya akan berdampak besar terhadap pasar otomotif secara umum," ucapnya.

"Namun, ada beberapa tantangan yang masih menghantui sektor otomotif. Seperti inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah, yang mudah-mudahan pemerintah sekarang segera dapat mengatasinya." (ren)