Tahun 2015 Toyota Agya Harga Naik


Bulan Oktober 2014 lalu Toyota sempat menaikan harga dari mobil murahnya alias LCGC, Toyota Agya sebesar 3 %. Dan nampaknya proses kenikaan harga mobil murah ini tak sampai berhenti disitu saja karena Toyota Astra Motor (TAM) siap untuk merevisi harganya kembali pada awal 2015 mendatang.

Revisi disini bukan menurunkan melainkan menaikan lagi harganya. Menangkap pembicaraan dengan direktur Marketing PT TAM, Rahmat Samulo menjelaskan bahwa harga dari Agya akan kembli naik pada 2015, mengenai berapa serta kapan pastinya tinggal tunggu saja.

"Toyota masih melihat timingnya kapan, tapi yang pasti bakal naik harganya," ungkapnya.

Kenaikan harga Agya telah mendapat izin dari pemerintah yang memperbolehkan untuk menaikan harga mobil LCGC. Sebenarnya Toyota memiliki izin sebesar 6,6%, namun baru digunakan 3% yang dilakukan pada Oktober lalu.

"Kalau tidak menaikan harga cost kita makin tinggi," ujarnya menjelaskan prihal alasan kenapa harga Agya dinaikan yang dikarenakan untuk menekan harga produksi dari bahan baku sampai imbas inflasi yang terjadi di tiap tahun.

Memang sudah sedikit bergeser mengingat sebenarnya Agya merupakan mobil murah, tapi ketika hal tersebut dikaitkan dengan masalah inflasi makan statusnya akan tetap murah karena barang turut mengalami kenaikan harga.

"Inflasi itu kan relatif tidak bisa diukur, karena semua harga barang kan juga naik. Artinya, dari sisi value, mobil ini (Agya) tetap sama," tutupnya.