Pabrik Toyota di Karawang Mendapat Penghargaan Proper Hijau


Pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang mendapat penghargaan Proper Hijau karena telah menerapkan pengelolaan kegiatan usaha berbasis lingkungan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

"Penghargaan ini memberikan semangat lebih besar lagi kepada keluarga Toyota Indonesia untuk menekankan aspek lingkungan atau environment concern dalam berbagai kegiatan produksi, termasuk meningkatkan optimalitas progam corporate social responsibility (CSR)," kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono dalam siaran pers, Selasa (16/12/2014).

Sebagai informasi, Proper atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup ini telah diluncurkan pemerintah sejak dua dekade yang lalu.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan sekaligus menimbulkan efek stimulan dalam pemenuhan peraturan lingkungan dan nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi, dan pengembangan masyarakat.

Berdasarkan kriteria yang ditetapkan, Predikat PROPER Hijau seperti yang diterima TMMIN diberikan kepada perusahaan yang kualitas manajemen pengelolaan lingkungannya dan hasilnya yang dilihat dari indikator tertentu telah melebihi standar yang ditentukan.

Kinerja pengelolaan lingkungan itu antara lain dilihat dari sisi pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3, dan pemberdayaan masyarakat (community development).

Toyota juga menerapkan green office dengan mengembangkan area kerja ramah lingkungan, mempromosikan aktivitas lingkungan kepada karyawan dan stakeholders Toyota, serta menjalin kerjasama dengan masyarakat di sekitar area bisnis Toyota.