Air dari Knalpot Toyota Mirai Lebih Sehat Dibanding Susu


Raksasa otomotif dunia, Toyota, terus berkampanye terkait mobil bertenaga hidrogen terbarunya, Mirai, yang baru saja diluncurkan. Memanfaatkan sumber tenaga hidrogen, Mirai tidak mengeluarkan emisi berupa asap. Hasil pembakaran mesin hanya akan berupa air.

Bahkan dengan tegas Seiji Mizuno, desainer Toyota Mirai menyatakan bahwa air hasil buangan knalpot dari Mirai lebih aman untuk minum daripada susu, demikian seperti diberitakan Autonews, Kamis (27/11/2014).

Toyota sudah melakukan pengujian efek kesehatan bila meminum air pembuangan tersebut di laboratorium khusus. Hasilnya cukup mengejutkan, dibandingkan dengan susu, air dari Mirai mengandung kotoran organik yang jauh lebih sedikit.

Namun, Toyota tetap tidak merekomendasikan konsumennya meminum air ini. Pasalnya, buangan tersebut adalah hasil dari menghisap oksigen dari udara sekitarnya dan ikatan ke hidrogen dari tangki bahan bakar.

"Anda tidak pernah tahu apa kualitas asupan udara yang dihasilkan Mirai, jadi jangan meminum air ini," jelas Mizuno.

Toyota Mirai dijadwalkan sudah mulai dijual di Jepang pada April tahun depan. Sementara konsumen Eropa dan Amerika Serikat baru bisa mendapatkan mobil hidrogen ini pada pertengahan 2015.

Sumber: www.kompas.com