Toyota Hiace paling diminati pengusaha Travel dan Rental


Mobil apa yang kini tengah hot untuk kalangan travel dan rental? Mobil Toyota Hiace. Setelah dilucurkan tahun 2012 lalu, mobil ini kian diminati untuk armada travel dan rental.

Permintaan Toyota Hiace dari tahun ke tahun semakin tinggi. Dibandingkan 2013 lalu, pangsa pasarnya naik 5,6 persen. Permintaan terbesar datang dari pengusaha travel dan rental, atau juga perusahaan yang membelinya untuk feeder (kendaraan pengantar).

"Ini membuktikan Toyota Hiace nyaman digunakan sebagai kendaraan transportasi sehingga mampu menjanjikan keuntungan yang lebih baik kepada pengusaha travel dan rental," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, saat Media Experience Hiace, Rabu (8/10/2014).

Rahmat menuturkan pasar kendaraan komersial terus meningkat, tercatat dari penjualan kendaraan mencapai 1,2 juta unit di 2013, sebanyak 30 persen diraup kendaraan komersil.

Rahmat juga menambahkan kebijakan pemerintah mendorong penggunaan transportasi umum akan membawa dampak positif terhadap pasar komersial. Dan sejalan dengan itu persaingan di segmen ini diperkirakan akan meningkat.

"Kami mendukung kebijakan pemerintah itu, karena itu kami optimistis segmen komersial untuk transportasi umum akan berkembang. Kami sudah siap mengantisipasi dengan mengembangkan kenyamanan line up Toyota di segmen ini seperti Toyota Hiace," tambah Rachmat Samulo.

"Pasarnya memang segmented. Travel antar kota misalnya Jakarta-Bandung), antar kota dengan menjemput orang dan diantar ke rumah (feeder), sampai tourism," jelas Samulo, Rabu (8/10/2014).

Ditambahkan, bahwa TAM pernah melakukan survei kepada pengusaha travel dan rental. Ternyata suara konsumen sangat menentukan. Dikatakan Samulo, konsumen banyak yang pilih-pilih kendaraan. Ini dipandang sebagai kesempatan untuk menghadirkan kendaraan sesuai keiginginan penumpang.

Khusus
Sebagai kendaraan jenis van ,sejak awal Hiace didesain sebagai kendaraan penumpang. Semua struktur mempertimbangkan faktor kekokohan, efisiensi dalam hal biaya pengoperasian, dan fitur yang mendukung kenyamanan.

Bekal penggerak cukup mumpuni, dengan mesin diesel 2.500cc Commonrail injeksi langsung turbo, seperti yang ada pada Innova diesel, Fortuner non-VNT, dan Hilux.

Fitur kendaraan penumpang yang menjanjikan seperti lubang AC di atap, kursi reclining dengan jarak kaki lega, hingga kekedapan kabin yang di atas rata-rata kendaraan di kelasnya. TAM memasarkan dua tipe, standar dan Commuter. Tipe. Standar dibanderol Rp 384,6 juta, Commuter Rp 420 juta, on the road Jakarta.

"Dari total market kendaraan komersial mencapai 30 persen dari 1,2 juta unit kendaraan atau sekitar 300 ribu unit diambil komersial," katanya.

"Dan untuk segmen komersial Van seperti Hiace ini bisa mencapai 1.100-1.200 unit setiap tahunnya, dan Hiace mengambil pasar hingga 70 persen," tambah Rahmat.

Sebagai informasi tambahan Toyota Hiace ditawarkan dalam 2 pilihan, Hiace Standar di banderol Rp 380 juta dan Hiace Rp 410 juta Commuter.