Peresmian Depo Parts Suku Cadang Toyota Terbesar di Indonesia Timur


Kalla Toyota selaku authorized dealer Toyota di Kawasan Timur Indonesia (KTI) akan menggelar grand opening Depo Parts di Kantor Pusat Suku Cadang Toyota PT Hadji Kalla, siang ini, Rabu, 22 Oktober.

Depo Parts ini merupakan yang terbesar di Indonesia timur,” ujar Marcom PT Kalla Toyota, Nadya Tyagita. Depo Parts PT Kalla Toyota terletak di Kawasan Industri Makassar (KIMA), Jalan Kima Raya

Kalla Toyota melengkapi unit pelayanan bisnis purnajualnya dengan membuka subdepo suku cadang (depo parts) di Kompleks KIMA (Kawasan Industri Makassar), Rabu (22/10/2014).

Subdepo yang berdiri di kawasan seluas 1 hektare itu merupakan yang terbesar di Indonesia. Tempat tersebut akan menjadi pusat suku cadang Toyota di Sulawesi Selatan. Saat ini, unit usaha Kalla Group menguasai 33 persen pasar automotif di wilayah selatan, barat, dan tengah Sulawesi.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramadhan Pomanto, secara resmi membuka Depo-Parts Kalla Toyota. Danny, panggilan akrab Wali Kota, menuturkan, dibukanya unit layanan terpadu berbentuk subdepo itu akan menambah dukungan terhadap sektor transportasi yang dampaknya menunjang mobilitas.


Sementara itu, Direktur Operasional Kalla Toyota, Hariyadi Kaimuddin, mengatakan, perkembangan industri automotif di kawasan timur Indonesia menunjukkan kemajuan luar biasa.

"Investasi yang kami tanamkan untuk depo parts ini Rp30 miliar,” beber Hariyadi.

Dia menambahkan, sekira 12 ribu item suku cadang tersedia di Depo-Parts Kalla Toyota demi meningkatkan pelayanan purnajual. Orientasi yang disasar berupa ketersediaan suku cadang hingga 10 hingga 20 tahun mendatang.

Di kesempatan sama, Inventory Department Head Toyota Astra Motor (TAM), Nanang Susminarto, mengapresiasi pengembangan sub-depo Kalla Toyota yang lebih luas tujuh kali lipat dari sebelumnya.

Saat ini ada 12 subdepo Toyota di seluruh Indonesia. Kami menargetkan sampai 2018 nanti terdapat 15 pusat suku cadang di Indonesia. Subdepo milik Kalla Toyota ini salah satu dari yang telah memenuhi standar internasional Toyota, termasuk dilengkapi barcode systems dan inventory standard,” ujar Nanang.

Idealnya, kata dia, satu subdepo melingkupi minimal lima cabang dengan waktu pengiriman minimal satu hari.

Setelah di Makassar, pada 2016 mendatang akan dibangun subdepo di Palu, Sulawesi Tengah. Menyusul kemudian di Padang dan Jambi.