Toyota Mark X Yellow Label


Sebuah sedan sporty kembali dirilis oleh Toyota guna mendongkrak segmentasi pasar lokalnya. Memang tidak terlalu dikenal di Indonesia tentang mobil baru bernama Toyota Mark X ini, namun eksistensinya cukup dipertimbangkan di pasar domestik..

Toyota memperkenalkan Mark X Yellow Label, varian terbaru yang tampil lebih centil dengan kelir kuning menyala. Selain lebih terlihat mencolok, sedan menengah ini terlihat lumayan berhasil melunturkan kesan “formal” yang disandangnya.

Sedan ini memang hanya dipasarkan khusus untuk Jepang. Di China, Toyota menggunakan nama Reiz. Mark X berbagi segmen dengan Lexus IS, dengan pilihan varian sistem penggerak belakang atau semua roda (AWD). Alasan ini juga yang membuat Toyota tidak memasarkan Mark X ke Amerika Serikat, takut nanti justru bersaing.

Toyota Mark X ini sudah dipasarkan sejak 2009, tapi terus mendapatkan penyegaran setiap tahunnya. Nah, kali ini penyegaran salah satunya dilakukan dengan menghadirkan pilihan varian khusus Yellow Label.

Ditawarkan dalam tiga varian utama, yakni 250G, 250G Four, dan 250G S. Khusus untuk Yellow Label, selain mendapat warna bodi kuning menyala. Wara yang sama juga masuk ke dalam interior, mulai jok yang dikombinasikan dengan bahan hitam. Jahitan dengan benang kuning, juga ada aksen pink keemasan, sampai bagian sisi dalam, semua mendapat sentuhan kelir kuning.

Di balik kap, Toyota masih mengandalkan mesin bensin 2.5 liter V6 dipadu dengan transmisi 6-percepatan otomatis. Harganya di Jepang dibanderol antara 2,8 juta yen (Rp 312,4 juta) sampai 3,1 juta yen (Rp 345,8 juta).

Di Indonesia
Sedan menengah ini sebenarnya sempat dipasarkan ke Indonesia pada 2012, diimpor utuh dari Jepang untuk memenuhi permintaan salah satu perusahaan taksi premium di Indonesia. Tapi, kesepakatan itu gagal dan ratusan unit sudah terlanjur diimpor. Sampai saat ini, beberapa jaringan pemasaran Toyota masih berusaha menjual, menghabiskan sisa Mark X itu, dengan membanting harga cukup besar hingga ratusan juta rupiah.