Toyota Maraih Penghargaan Purnajual Terbaik


2 September 2014 Toyota Indonesia berhasil menyabet penghargaan Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2014  dari J.D. Power Asia Pacific sebagai perusahaan otomotif dengan pelayanan purnaljual terbaik kepada para pelanggan.

Study dilakukan J.D. Power terhadap 3.476 pemilik kendaraan yang menerima pengiriman kendaraannya pada periode Februari 2012-Mei 2013, dan melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2013-Mei 2014.

Berdasarkan study tersebut, Toyota Indonesia memperoleh indeks tertinggi dengan poin sebesar 770 poin. Nilai tersebut di atas rata-rata indeks 12 perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam study tersebut, yaitu sebesar 767 poin.

Nilai tersebut didasarkan tiga faktor pendukung, yaitu karena dianggap sebagai perusahaan otomotif dengan service advisor, service facility, dan service quality terbaik. Service quality merupakan faktor pendukung dengan bobot paling tinggi pada CSI Study 2014, yaitu sebesar 30% dari total penilaian.

Pada faktor ini, Toyota berhasil membukukan 772 poin atau tumbuh pesat 15 poin dibandingkan dengan perolehan di faktor yang sama pada tahun lalu. President Director PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui, mengungkapkan penghargaan ini didapat karena team work yang kuat dan improvement untuk kepuasan pelanggan.

Sementara itu, Vice President Director TAM, Suparno Djasmin, menambahkan bahwa CSI Study 2014 ini sebagai refleksi dari pasar terhadap improvement yang selama ini dilakukan Toyota terhadap pelanggan, yang merupakan bagian dari prinsip Toyota The Best Total Ownership Experience.

“Prestasi ini merupakan wujud dari komitmen kami untuk senantiasa menjaga kepuasan pelanggan dengan selalu memberikan yang terbaik kepada mereka.  Rasa syukur dan bangga atas penghargaan ini akan kami wujudkan dengan terus meningkatkan serta mengembangkan layanan bagi para pelanggan Toyota,” katanya.

Penghargaan CSI Study 2014 merupakan lompatan prestasi yang signifikan bagi Toyota Indonesia. Pasalnya, pada CSI Study 2013 Toyota hanya berhasil menduduki peringkat ke-7, dengan