Perubahan di Toyota Fortuner 4x4 Diesel Terbaru 2014

12 Agustus 2014
Astra-Toyota.com PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja memperkenalkan varian terbaru dari Toyota Fortuner, yakni Toyota Fortuner G VNT 4x4 bermesin diesel berkapasitas 2,5 liter, bertempat di Fondry, kawasan SCBD (5/8). Hadirnya varian terbaru ini melengkapi lini Toyota Fortuner yang diniagakan di Indonesia, Yaitu :
~ Toyota Fortuner V 4x4 2.7 Gasoline A/T
~ Toyota Fortuner Lux 4x2 2.7 Gasoline A/T
~ Toyota Fortuner Lux 4x2 2.7 Gasoline A/T TRD
~ Toyota Fortuner G 4x2 2.5 VNT Diesel A/T
~ Toyota Fortuner G 4x2 2.5 VNT Diesel A/T TRD
~ Toyota Fortuner G Lux 4x2 2.5 VNT Diesel M/T
~ Toyota Fortuner G Lux 4x2 2.5 VNT Diesel M/T TRD

Nah, apa perbedaan varian terbaru ini dengan varian sebelumnya? Kami melihat ada tujuh perubahan utama pada tubuh new Toyota Fortuner 4x4 terbaru. Apa saja?


Interior
Tak ada pembaruan di interior Fortuner. Mereka memakai interior dengan sentuhan dua warna yang solid, dan aksen trim kayu dark espresso, lingkar kemudi dengan ornamen kayu, tilt steering, aksen silver dan kontrol audio, MID, dengan 2 DIN Audio Video System 7 inci, DVD iPod Ready, Bluetooth, CD, MP3, WMA, AM/FM, tilt function, Toyota Dial Shortcut, USB/Aux compatible with steering switvch, serta enam speaker.

“Yang jelas, kehadiran line-up terbaru Fortuner ini merupakan upaya kami untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan SUV yang handal dan stylish. Keunggulan mesin VNT Diesel yang dipadu dengan ketangguhan 4x4 menjadikan Fortuner G 4x4 2.5 VNT Diesel A/T sebagai SUV pilihan yang powerfull sehingga konsumen memiliki pilihan yang lengkap akan kendaraan tangguh untuk off-road, serta mewah untuk perkotaan,” tutur Suparno Djasmin, Wakil Presiden Direktur TAM


Eksterior

Pada bagian eksterior, ada tiga pembaruan yang menarik di tubuh Toyota Fortuner 4x4 berkapasitas 2,5 liter. Pertama adalah aplikasi lampu smoke headlamp. Pembaruan ini dipadukan dengan pemakaian lampu kabut baru dengan ornamen krom di sisi luar.

Pembaruan ketiga adalah pemakaian velg alloy berukuran 17 inci berwarna abu-abu gelap. Warna ini dipilih oleh TAM untuk menegaskan unsur maskulin pada varian 4x4-nya. Apalagi menurut Hiroyuki Fukui, Presiden Direktur TAM, Toyota Fortuner 2,5 liter berpenggerak 4x4 ini sangat cocok untuk konsumen di pertambangan. Jadi, lengkaplah pembaruan di sisi eksterior Fortuner terbaru.


Mesin dan Transmisi

Pembaruan pertama adalah aplikasi mesin diesel VNT berperforma tinggi dengan tenaga puncak 144 PS dan torsi 343 Nm dimulai dari 1.600 – 2.800 rpm. Aplikasi mesin 2,5 liter turbo terbaru ini sama dengan Fortuner yang diniagakan saat ini. Mengapa Toyota tidak mengadopsi mesin 3,0 liter? Ini ada kaitannya dengan pertimbangan harga. Apalagi mesin 3,0 liter telah dikenakan PpnBM sebesar 125 persen. Ini akan berimbas pada harga yang semakin tinggi yang dibebankan kepada konsumen.

Pembaruan kedua adalah aplikasi sistem 4x4 full time. Toyota Fortuner diesel 4x4 menggunakan gearboks dan transfer case berbeda dengan Fortuner 2,7 liter 4x4 diesel dan Fortuner 2,5 liter 4x2 diesel.