TOYOTA MERAIH PERUSAHAAN OTOMOTIFDENGAN REPUTASI TERBAIK DI INDONESIA 5 TAHUN TERUS MENERUS


Penghargaan bertajuk The Best in Building and Managing Corporate Image untuk kategori Automotive 4 Wheels tersebut didapatkan dalam ajang Corporate Image Award 2014 yang diselenggarakan oleh lembaga survey Frontier Consulting Group yang bekerja sama dengan Majalah Tempo, yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, pada 3 Juni 2014.

Vice President Director Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin, mengungkapkan rasa syukur atas anugerah yang diterima Toyota Astra Motor dalam 5 tahun berturut-turut tersebut, yaitu dari 2010—2014.

“Kami bersyukur dengan raihan prestasi sebagai perusahaan otomotif roda empat yang memiliki reputasi terbaik dalam 5 tahun berturut-turut. Prestasi ini akan menjadi pemacu semangat dan rasa optimis untuk semakin berkembang di masa depan,” ujar Suparno, dalam kesempatan terpisah, hari ini.

Menurut Suparno, keberhasilan Toyota Astra Motor mendapatkan penghargaan tersebut tidak terlepas dari kredibilitas yang dibangun melalui sebuah konsistensi dan tanggung jawab yang luar biasa selama ini, sehingga perusahaan mampu membangun dan mengelola reputasi dengan sangat baik.

Selain itu, lanjutnya, kualitas produk dan jasa inovatif yang diberikan, pengelolaan perusahaan yang baik, kepedulian terhadap isu sosial dan lingkungan, serta lingkungan kerja yang kondusif, juga diyakini telah turut berkontribusi terhadap image yang dimiliki Toyota Astra Motor selama ini.

Anugerah Corporate Image Award 2014 diperoleh berdasarkan Corporate Image Index (CII). Pada proses penilaian, dilakukan metode survey di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Pada tahun ini, survey dilakukan terhadap 2.735 responden yang terdiri dari kalangan investor, eksekutif, jurnalis, hingga masyarakat umum. Dari metode tersebut, Toyota Astra Motor  meraih hasil indeks tertinggi yaitu 2.448 dan termasuk dalam kategori Excellent atau sempurna.

Dalam kegiatan operasionalnya, Toyota Astra Motor senantiasa bermuara kepada filosofi Toyota Way yang merupakan nilai luhur Toyota. Toyota Way antara lain ditopang oleh prinsip yaitu Continuous Improvement (Kaizen) dan Respect for People.

Toyota Astra Motor selalu mencari dan melakukan perbaikan untuk mengembangkan kinerja perusahaan, dan menghargai orang-orang di sekeliling karena kunci sukses terletak pada kerjasama tim yang baik, serta individu-individu di dalamnya. Nilai-nilai ini kemudian diimplementasikan melalui Toyota Business Practices dalam kegiatan sehari-hari.

Sepanjang 2014, Toyota Astra Motor telah memenangkan sejumlah penghargaan prestisius. Tidak hanya penghargaan sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat dengan reputasi terbaik dalam ajang Corporate Image Award 2014, tidak kurang dari 13 penghargaan lainnya juga berhasil diraih Toyota Astra Motor.

Penghargaan tersebut antara lain Top Brand Award 2014 yang diraih Toyota Avanza, Kijang Innova, dan Yaris, Perusahaan Otomotif dengan Layanan Contact Center Terbaik, serta penghargaan Autocar Reader’s Choice Award 2014 yang berhasil diperoleh The All New Vios, Camry, Kijang Innova, Alphard, Rush, Land Cruiser, dan Toyota 86.