TAM Ekspor Toyota Avanza ke Timur Tengah


www.astra-toyota.com hari ini 16 June 2014 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan Toyota Avanza ekspor ke Timur Tengah. Langkah ini merupakan perluasan pasar ekspor Avanza ke negara tujuan baru yakni Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Oman, Qatar,  dan Yaman

Jika sebelumnya Timur Tengah merupakan salah satu tujuan ekspor Toyota Fortuner, maka kini Avanza juga akan dikirim ke negara-negara di wilayah tersebut. Toyota Avanza ekspor ke Timur Tengah ini rencananya untuk pertama kali ada berjunlah 5.000 unit  secara CBU (Completely Built Up).  Angka ini tentu menambah jumlah ekspor Avanza sejak 2004 yakni 211.087 unit ke 44 negara tujuan di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

"Kami ingin bukan cuma di Indonesia namun Avanza juga menjadi produk terbaik di dunia," kata Direktur ADM Amelia Tjandra dalam sambutannya di Daihatsu Vehicle Logistic Center, Jakarta, Senin (16/6/2014). Ia juga menambahkan, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang merupakan produk kolaborasi tentu membuktikan memiliki kualitas ekspor dunia.

Selain Toyota Avanza ekspor ke Timur Tengah, ADM dan TMMIN juga telah melakukan ekspor kolaborasi model lainnya seperti Toyota Agya-Daihatsu Ayla yang ketika dirkspor berganti nam menjadi Toyota Wego, Toyota Fortuner, Toyota Innova, Daihatsu Terios-Toyota Rush, serta Town Ace dan Lite Ace yang di dalam negeri dikenal dengan Daihatsu Gran Max.

Baik ADM maupun TMMIN dengan perluasan Toyota Avanza ekspor ke Timur Tengah makin bertekad jadi pusat produksi Toyota-Daihatsu terbesar di Asia atau bahkan dunia.