Toyota Telah mengirim 118.000 Unit Mobil Buatan Indonesia ke Luar Negeri


PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Toyota tidak hanya memproduksi mobil-mobil untuk dijual di Indonesia, ada beberapa model yang diekspor ke luar negeri seperti Fortuner dan Innova. Total selama 2013 lalu ada 118.000 unit mobil Toyota yang dikirim ke luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono dalam media gathering di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (10/3/2014).

Pastinya dari tahun ke tahun jumlah mobil yang dikirim ke luar negeri terus meningkat.

Dalam kurun waktu 1987-2003 total volume ekspor Toyota Indonesia tercatat sekitar 9.400 unit, di tahun 2004, angka ekspor ini melejit menjadi 7.900 unit per tahun. Hal ini tidak lain berkat dimulainya proyek lokalisasi mobil Innova.

Ekspor Toyota makin berkembang setelah Fortuner mulai diproduksi di Indonesia pada 2006.

Toyota senidiri kini memiliki kapasitas produksi terpasang sekitar 250.000 kendaraan, dan jika pasar membutuhkan kapasitas itu akan bertambah besar dengan penerapan lembur atau overtime.

TMMIN berjanji untuk terus meningkatkan angka kandungan lokal dari mobil-mobil Toyota di Indonesia. Mobil yang memiliki kandungan lokal tertinggi adalah Kijang yang mencapai 80 persen, disusul Yaris yang akan mulai diproduksi pada bulan April sebanyak 60 persen, Fortuner 55 persen, sedangkan Vios dan Limo juga 60 persen.

Direktur Teknikal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Yui Hastoro menuturkan, angka persentase yang dimaksud dalam kandungan lokal kendaraan merupakan nilai rupiahnya dan bukan dalam bentuk jumlah komponen dalam satu kendaraan.

“Selama ini yang belum diproduksi di sini adalah transmisi dan komponen berteknologi tinggi seperti ECU dan lainnya. Kalau komponen-komponen ini di Indonesia volumenya tinggi dan kompetitif, bisa saja dilokalisasi,” ujarnya.

Dadan Kuswaraharja - detikOto