Toyota Etios JX Grade, Type baru dari Etios Valco


7 Oktober 2013. Berdasar pada semangat Kaizen dan Total Best Ownership Experience, PT. Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan varian baru dari Toyota Etios Valco yakni Etios JX sebagai salah satu wujud nyata upaya Toyota dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Etios JX Grade dirancang dan diproduksi oleh Toyota Indonesia dengan penyesuaian terhadap karakteristik pasar dalam negeri, Etios Valco menawarkan sosok city car yang tangguh dan lincah dengan dilengkapi strong functional values.

Sebelumnya Toyota Etios Valco hadir melalui 3 jajaran varian (J, E, dan G). Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, Toyota menghadirkan Etios Valco JX yang akan mengisi ruang antara tipe J dan E.

dalam siaran persnya, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan menyebutkan, “Segmen city car memiliki karakteristik unik dengan kebutuhan yang beragam. Peluncuran varian baru ini dilakukan sebagai salah satu upaya Toyota memenuhi kebutuhan-kebutuhan pasar yang beragam. Etios Valco JX diharapkan mampu menjadi pilihan bagi profil masyarakat yang berada di antara tipe J dan E.”

Setelah hadir sebagai kendaraan dengan nilai fungsional lengkap di kelasnya, Etios Valco melengkapi diri dengan jajaran 4 tipe pilihan bagi masyarakat. Kendaraan kompak Toyota ini tetap hadir dengan nilai-nilai utamanya seperti ruang kabin yang lega, ground clearance yang tinggi, fitur-fitur lengkap bagi masyarakat Indonesia, serta dukungan Toyota Global Standar Quality dan jaringan yang luas.

Etios Valco JX hadir dengan semua kelengkapan tipe J, dilengkapi dengan beberapa fitur hasil pengembangan dari tipe J. Electronic Power Steering (EPS), Power Window dilengkapi Auto Down, Power Door Lock, Tilt Steering Column, Tachometer Indicator, dan 2 Speakers with Audio Pre-wire. Paket safety standar Toyota seperti dual SRS airbag tetap melengkapi varian terbaru Etios Valco ini.

Selain beberapa fitur penunjang kenyamanan berkendara, Toyota juga mengembangkan Final Gear Ratio untuk meningkatkan performa rasio torsi. Pengembangan ini didasari kebutuhan pelanggan dan kondisi jalanan yang kerap menggunakan putaran mesin rendah ketika menjelajah lingkungan kota. Final Gear Ratio yang baru pada angka 4.294 menjanjikan torsi yang lebih melimpah pada putaran bawah sehingga mampu meningkatkan performa berkendara, setelah sebelumnya berada pada rasio lebih kecil yakni 3.944.

Hingga Agustus 2013, Etios Valco telah terjual sebanyak 9.375 unit di seluruh nusantara, dan memimpin pasar dengan pangsa 24,2%. Segmen low hatchback sendiri tumbuh sangat pesat dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 127% dalam 3 tahun terakhir.