Perbedaan, Toyota Alphard dan Vellfire


Perbedaan, MPV Mewah Toyota Alphard dan Vellfire.
Di Indonesia, Toyota dikenal dengan mobil MPV mewahnya seperti Toyota Alphard dan Toyota Vellfire. Banyak yang bingung tentang perbedaan antara kedua mobil besutan Toyota tersebut. Kali ini iotomotif akan membahas sedikit perbedaan antara Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

Secara dimensi, kedua mobil premium tersebut memiliki dimensi yang sama, namun memiliki perbedaan yang mencolok terutama pada desain eksteriornya. Dimana pada lampu depan Alphard dengan desain lampu besar yang menyatu, sedangkan pada Vellfire, desain lampu yang digunakan disusun terpisah pada bagian atas dan bawah (double headlamp)

Pada bagian belakang, lampu belakang Toyota Alphard dominan warna merah sedangkan pada Toyota Vellfire menggunakan desain lampu bening seperti yang digunakan pada mobil SUV premium Lexus RX.

Toyota Alpard secara resmi dijual melalui ATPM Toyota Indonesia, namun ada pula varian Toyota Alphard yang didatangkan secara CBU melalui importir umum (IU), dimana pada Alphard yang dijual melalui importir umum memiliki varian yang lebih banyak termasuk versi penggerak roda all-wheel drive (AWD). Sedangkan Toyota Vellfire didatangkan langsung dari Jepang melalui importir umum (IU).

Sebenarnya, Alphard maupun Vellfire merupakan mobil yang sama dan menggunakan basis yang sama. Vellfire menggunakan emblem logo “Netz Emblem“, dimana pengembangan varian Toyota Vellfire didanai oleh “Netz Channel” sama dengan pada Toyota Vitz versi JDM dan Yaris. Hal itu dikarenakan, Toyota Vellfire secara resmi dibuat untuk pasar domestik Jepang (JDM). Sedangkan Toyota Alphard dimaksudkan untuk pasar luar negeri, termasuk di Indonesia. Lihat juga modifikasi Toyota Alphard dan Vellfire JDM oleh Wald International