Toyota Kijang Innova G Diesel lebih irit

Diposkan oleh Astra Toyota


Ketika pertama kali melihatnya, tidak ada yang berbeda pada Grand New Innova tipe G Diesel ini, kecuali ada emblem 2.5 dibelakang bodi, yang menandakan kapasitas mesinnya 2.5 liter

Dengan menjajal langsung Grand New Kijang Innova versi mesin diesel tipe G. Bisakah kehandalan dan kenyamanannya disamakan dengan versi mesin bensinnya?

Ya, mesin berkode 2KD-FTV Lo, 4 silinder DOHC D-4D, dengan kapasitas 2.494 cc bisa diketahui dengan emblem 2.5 tersebut. Ini yang membedakan dari mesin bensin yang emblemnya 2.0, karena mesinnya hanya berkapasitas 2.0 liter

Begitupun saat memasuki kabinnya. Nuansa sodoran fitur-fitur Kijang Innova tipe G sama dengan versi bensinnya. Perbedaan mencolok terjadi ketika memutar kunci kontak untuk menstater mobil. Ya! raungan khas mesin diesel pun terdengar.

Lalu pintu dan jendela sengaja di tutup. Raungan mesin pun menghilang dan meninggalkan kesenyapan di dalam kabin saat mesin dalam posisi idle, meski saat pedal gas di injak, suara derum mesin dieselnya masih terdengar kedalam kabin.

Namun, sebenarnya itu tidak mengganggu, karena ketika sudah mulai berjalan, raungan mesin dieselnya terdengar hanya saat Grand New Kijang Innova berakselarasi saja, dan akan segera hilang ketika putaran mesin sudah tinggi.


Point penting Grand New Kijang Innova bermesin diesel jauh lebih unggul dalam hal konsumsi bahan bakarnya. Apalagi ketika harga literan Biosolar yang jauh lebih murah daripada Pertamax, menjadikan Innova diesel jadi lebih ekonomis.

Pengetesan kali ini yang dilakukan, dijalur macet, Innova diesel ini hanya butuh 1 liter Biosolar untuk jarak 12,6 km. Sementara untuk jalur bebas hambatan, di tol Cipularang, konsumsi rata-rata 1 liter Biosolar untuk jarak sejauh 16 km. Irit kan?

Berikut beberapa kenggulan Mesin diesel
  1. Untuk jarak tempuh yang jauh hanya membutuhkan sedikit konsumsi bahan bakar sehingga lebih efisien.
  2. Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendaraan di jalan off road. Bahkan kebutuhan torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan yang rusak atau misalnya menarik kendaraan yang terjebak di jalur non aspal.
  3. Sama seperti bensin, untuk bahan bakar solar juga mudah diperoleh dengan mudah baik di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dalam kota maupun luar kota.
  4. Dan pertimbangan lain bahwa sifat bahan bakar diesel tidak terlalu berbahaya karena tidak mudah terbakar jika tersulut percikan api.
  5. Berkendara dibawah siraman hujan lebat atau melintas di kondisi jalan banjir tidak perlu takut karena ruang mesin diesel tidak ada komponen elektrikal seperti distributor atau kabel busi.
  6. Bila rasio mesin bensin dibatasi oleh tekanan dari bensin dan udara. Pada mesin diesel tidak dibatasi karena yang di kompres hanyalah udara. Semakin tinggi kompresi mesin diesel maka tenaganya kian bertambah dan sistem kerja mesin semakin efisien.
  7. Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar daya tahannya lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin diesel umumnya digunakan pada armada transportasi seperti truk atau kontainer besar.


Untuk mendapatkan informasi simulasi perhitungan kredit, diskon, bonus, cashback Toyota Kijang Innova G Diesel dari dealer Toyota terdekat di kota anda

Silahkan anda mengisi formulir berikut terlebih dahulu :

Nama Lengkap *
Alamat Lengkap *
Kota *
Provinsi *
Telepon *
Email *
Mobil yang ingin dibeli *
Service yang diinginkan *
 Ingin Dikunjungi  
 Test Drive 
 Menanyakan Harga dan Promo  
 Menanyakan Perhitungan Kredit  
Informasi yang ingin Anda ketahui lebih lanjut *
*) Harap di isi dengan benar dan lengkap untuk mempermudah proses!
*) Untuk keamanan, Nomor IP dan posisi anda saat ini akan tercatat otomatis dalam pesan.
www.astra-toyota.com