New Honda Jazz vs New Toyota Yaris

Diposkan oleh Astra Toyota


Berada pada kelas mini hatchback, kedua mobil ini bersaing ketat di pasar Indonesia dalam hal penjualan, bentuk, performa, dan kenyamanan. Sementara harga jual versi standardnya dalam rentang yang tidak terpaut jauh. Apa sebenarnya alasan konsumen memilih kedua kendaraan ini?

EKSTERIOR

New Honda Jazz
Baru saja mengalami peremajaan, New Honda Jazz menawarkan desain yang berbeda pada bentuk front and rear bumper dimana pihak Honda membuat kesan adanya lubang udara yang masuk pada sisi kanan kiri front bumper dan terlepas melalui rear bumper yang diberikan sepasang mata kucing. Perubahan manis pada headlamp, grill, juga rear lamp serta high mount stop lamp dengan LED membuat tampilan pun semakin menarik, serta penambahan fog lamp sebagai perlengkapan standar membantu penglihatan pada kondisi kabut dan malam hari.
New Toyota Yaris
New Toyota Yaris memberikan full aero body kit dan spoiler mini guna mempertegas kesan sporti. New Toyota Yaris tidak melakukan perubahan seperti yang dilakukan oleh Honda Jazz dan tetap mempertahankan bentuk yang membulat pada seluruh tubuhnya. Karena masih menggunakan frame yang sama dengan Yaris pendahulunya, tidak ada pembahasan lebih dalam yang bisa dilakukan terhadap mobil ini.

INTERIOR

New Honda Jazz
Perubahan juga terjadi pada sisi interior, dimana perubahan warna jok menjadi hitam biru gelap. Sistem audio-nya pun kompatibel dengan gadget-gadget terbaru, sehingga Anda dapat memanfaatkan gadget sebagai pemutar musik. Adanya Multi Information Display yang memberikan jarak tempuh, rata-rata konsumsi bahan bakar dan jarak yang dapat di tempuh dengan sisa bahan bakar yang ada membantu pengemudi memantau kondisi kendaraan. Ruang yang disediakan Honda pun termasuk yang terluas di kelasnya, disebabkan penempatan tangki bensin di tengah kabin sehingga Anda dapat mengatur konfigurasi tempat duduk semaksimal mungkin.

New Toyota Yaris
Toyota memastikan konsumennya mendapatkan yang terbaik, dapat dilihat dari desain dashboard dan penempatan speedometer di tengah dashboard guna membantu pandangan pengemudi. Head unit in dash with CD Player dan MP3 Player yang di berikan New Toyota Yaris membuat kesan mewah terpancar. Jok model semi bucket yang “menggenggam” Anda selama perjalanan membuat rasa percaya diri mengemudi semakin tinggi. Disediakan juga tempat penyimpanan barang pribadi hampir diseluruh sisi interior serta tempat menaruh botol minuman guna menemani Anda selama perjalanan.

MESIN

New Honda Jazz
Masih menggunakan mesin yang sama, 1.5L SOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 118 Hp / 6.600 rpm dan torsi 145 Nm / 4.800 rpm menjadikan New Honda Jazz memiliki tenaga terbesar dikelasnya, namun tetap ramah lingkingan karena emisi gas buang memiliki standar EURO-4. Tenaga disalurkan ke transmisi automatic 5 percepatan yang dapat Anda “main”kan melalui paddle shift, sehingga Anda dapat merasakan sensasi ala mobil F1. Sebagai pilihan, tersedia juga transmisi manual 5 percepatan. Untuk urusan konsumsi bahan bakar, New Honda Jazz memiliki perbandingan 1:13 -1:14 untuk dalam kota dan 1:14-1:16 untuk luar kota.

New Toyota Yaris
Dibekali dengan mesin yang sama dengan saudaranya Toyota Vios 1.5L DOHC VVT-i, New Toyota Yaris ini mampu menghasilkan tenaga 107 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm / 4.200 rpm. Dipadu dengan transmisi automatic 4 percepatan dan manual 5 percepatan menjadikan mobil ini memiliki akselerasi yang sangat responsif. Konsumsi bahan bakarnya pun cukup irit, menghabiskan 1 liter bensin untuk 13 km (dalam kota) dan 15 km (luar kota).

KESELAMATAN DAN PENGENDALIAN

New Honda Jazz
Honda menjamin keamanan penumpang dengan Dual SRS Airbag pada sisi pengemudi dan penumpang depan serta sistem pengereman yang di lengkapi dengan ABS, EBD, dan BA yang membagi distribusi pengereman secara merata untuk mencegah terkuncinya roda saat pengereman mendadak. Tidak hanya memikirkan penumpang, Honda juga menjamin keselamatan pejalan kaki bila terjadi tabrakan. Pengendalian New Honda Jazz terjamin karena perpaduan McPherson Strut pada suspensi depan dan H-shape Torsion Beam sehingga kestabilan berkendara dapat Anda rasakan.

New Toyota Yaris
Sistem keselamatan dibekali dengan Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan yang mengurangi resiko cidera saat terjadi kecelakaan ditambah sistem pengereman ABS, EBD, dan BA yang mencegah terkuncinya roda saat terjadi kondisi darurat sehingga Anda tetap dapat mengendalikan kedaraan. Pada bagian pengendalian, New Toyota Yaris lebih lembut untuk dirasakan apalagi pada kondisi jalan yang rusak, sehingga cocok untuk jalanan Indonesia yang banyak bergelombang sampai berlubang.

FACT AND FINDING

Keduanya merupakan mobil favorit masyarakat Indonesia karena kuatnya brand image, kemudahan maintenance, irit bahan bakar dan harga jual kembali yang tinggi. Bila Anda mencari kendaraan yang memiliki karakter sporti dan performa mesin serta handling yang presisi, pilihan tepat jatuh pada New Honda Jazz. Sementara, bila Anda mencari mobil dengan harga jual yang lebih tinggi, pengendaraan yang lebih nyaman serta tersedianya teknologi genius key dimana Anda hanya menekan tombol untuk menyala-matikan mesin, plus steering switch guna mengontrol sistem audio dari setir, maka New Toyota Yaris-lah yang wajib anda pilih.

HARGA JUAL NEW HONDA JAZZ DAN NEW TOYOTA YARIS 2012 OTR JAKARTA

All New Jazz Manual Rp. 198.500.000
All New Jazz Otomatis Rp. 208.500.000
All New Jazz RS Manual Rp. 214.000.000
All New Jazz RS Otomatis Rp. 224.000.000

NEW YARIS 1500 J MANUAL Rp. 187.350.000
NEW YARIS 1500 J AUTOMATIC Rp. 197.550.000
NEW YARIS 1500 E MANUAL Rp. 193.950.000
NEW YARIS 1500 E AUTOMATIC Rp. 204.150.000
NEW YARIS 1500 S MANUAL Rp. 204.150.000
NEW YARIS 1500 S LIMITED AUTOMATIC Rp. 220.450.000
NEW YARIS 1500 S LIMITED AUTOMATIC TRD Rp. 246.450.00

So, anda pilih yang mana ?